Alasan Kenapa Gue Ngeblog…

Akhir-akhir ini, gue semakin gencar dalam meng-update blog ini. Entah dengan cuitan curhatan gue atau pun ketika sedang membicarakan sebuah topik yang sedang panas di dunia nyata.

Awalnya gue ngga suka nulis, pegel. Karena dulu kan masih pake pulpen. Tapi lama kelamaan, kemudahan teknologi membuat gue makin jatuh cinta dengan blogging.

Sebagai blogger gadungan, gue menulis blog bukannya terinspirasi baca buku Raditya Dika atau gimana. Melainkan murni karena bulan Juli 2016 kemaren gue bosen dan sedang mencari kesibukan.

Berawal dari iseng, ternyata gue merasa lebih bisa dan leluasa mengungkapkan perasaan gue dalam bentuk tulisan. Gue orangnya gak bisa diem diem terus jaga image. Gue orangnya bawel, apalagi di facebook atau twitter. 

Kadang, gue suka sekali menanggapi tentang isu isu terkini di dunia politik maupun teknologi. Di lain waktu, gue butuh tempat untuk mengungkapkan perasaan gue. Dan blog rasanya adalah tempat yang sangat tepat karena tidak terlalu privat ataupun terlalu publik.

Awal awal nulis (kalian bisa liat di Archive), tulisan gue acak-acakan banget dan gak enak dibaca. Tapi lama kelamaan, gue juga sambil baca-baca blog orang untuk benchmarking gaya penulisan yang baik.

Sekarang gue rutin membaca blog-blog orang lain yang gue anggap bagus, ada pandjiAdhitya Mulya, dan Raditya Dika yang juga lucu dan berbobot.

Membaca blog tersebut ngebuat gue tertantang untuk bisa nulis seperti itu. Pasti kalian pernah ngerasa hal kayak gitu kan? Serasa ada suara di kepala kalian yang bilang…

’ah, kalo gitu doang mah gue juga bisa ‘.

Disini gue mulai asik blogging. Ada temen yang bilang gaya penulisan gue mirip gaya penulisan orang lain.

Tapi, karena gue terpengaruh dengan blog-blog yang gue baca, jadi terkadang ada gaya penulisan gue yang mirip dengan cara penuturan mereka. Itu terjadi tanpa ada maksud dari gue. Beneran.

Kalian boleh bilang plagiatisme tanpa sadar. Peduli setan dengan kata orang. Tapi menurut gue, inilah cara bertutur yang paling nyaman buat gue.

Gak cuma itu, tapi sebenernya ada banyak lagi keuntungan dari nge blog. Mungkin enaknya gue bikin list aja kali ya biar lebih terstruktur. Bisa kalian lihat dibawah alasan kenapa gue suka ngeblog. Cekidot..

1. Mengungkapkan pemikiran secara bebas

Berbeda dengan social media lainnya seperti Line, Twitter, atau Facebook. Tidak ada yang akan mempermasalahkan ketika lo curhat di blog sendiri. Ini teritori personal lo dimana orang yang datang adalah orang yang mau membaca tulisan lo, bukan tidak sengaja melihat di timeline.

Gue bisa mengekspresikan pemikiran gue secara bebas, dan tidak menutup kemungkinan tulisan gue  dilihat orang lain.

2. Melatih kemampuan komunikasi digital

Meskipun terlihat sangat mudah dan remeh, gue sendiri merasa mendapatkan beberapa manfaat dari blogging. Karena memanfaatkan media tulisan, gue pun sedikit ‘dituntut’ untuk mampu menceritakan sebuah hal secara runut dan menggunakan diksi yang tepat.

Postingan yang terlalu bertele-tele pasti akan membuat pembacanya lebih cepat bosen. Dan itulah tantangan buat gue, membuat tulisan sedemikian rupa agar pembaca gue tidak dilanda kebosanan begitu cepat.

3. Memperdalam pengetahuan umum

Ketika gue menulis artikel tentang Pilkada ataupun Brexit, gue secara tidak langsung dituntut untuk membaca lebih banyak tentang isu tersebut sebelum dapat menjelaskannya kepada orang lain.

Punya blog sendiri memberi gue kebebasan untuk membahas apapun. Jadinya gue akan selalu merasa tertantang untuk membahas sesuatu yang gue kurang mengerti.

4. Menciptakan personal branding

Percaya atau enggak inilah salah satu tujuan awal gue untuk membuat blog. Di dunia yang serba menuntut track record digital seseorang, gue merasa blog bisa menjadi komponen penting untuk membuat orang lebih mengenal siapa diri kita sesungguhnya.

Memang terkesan menggelikan dan sok famous, tapi begitulah adanya. Bahkan gue pernah denger kalo ada perusahaan yang nge searching nama calon pegawainya di Internet. Siapa tau kan, employeer gue di masa yang akan mendatang kayak gitu.

*kedip kedip*

***

So, enjoy it. Itulah alasan kenapa gue suka banget yang namanya nge blog. Tentu ada alasan alasan lainnya, tapi sepertinya tidak terlalu ngaruh buat gue selain dari empat poin di atas. Dan atas dasar itu, ketika ada orang yang bertanya ke gue…

“Do you love your blog”

Maka gue akan dengan mantap menjawab..

“Yes, I do.”

Published by

evanfabio

An occasional blogger. Student at Industrial Engineering Universitas Gadjah Mada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s