7 Cara Jitu Meningkatkan Fokus Ketika Bekerja

Riset menunjukkan bahwa rata-rata waktu manusia bisa berkonsentrasi hanya sekitar 8 detik, lebih pendek dari spesies ikan emas yang ada di waktu 9 detik. Secara langsung maupun tidak langsung, ini ada kaitannya dengan perubahan gaya hidup dan efek digitalisasi dalam kehidupan.

Inilah salah satu penyebab mengapa banyak orang sedikit membaca buku atau belajar. Penyebab short attention span ini sebenarnya beragam, tapi yang paling umum ditemukan adalah karena distraksi atau pun rasa keingintahuan yang tinggi.

Sebagai contoh, kita sedang membaca sebuah artikel berbobot di sebuah website. Namun ketika membaca, tiba-tiba muncul notifikasi dari media sosial dan kita menjadi tertarik dan tidak lanjut membaca.

Pertanyaannya: bagaimana cara kita memaksimalkan attention span yang kita miliki supaya lebih fokus?

  1. Meditasi dan Berolahraga

    ben-white-132978-unsplash

    Menurut sebuah jurnal yang dirilis oleh University of California, mahasiswa yang mengambil kelas meditasi selama 10-20 menit, 4 hingga 5 kali seminggu memiliki ingatan dan fokus yang lebih tajam.

    Penelitian lainnya dari University of Illionis menunjukkan bahwa aktivitas fisik atau berolahraga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Anak-anak penderita ADHD yang melakukan 20 menit olahraga ringan dapat berkonsentrasi dengan lebih panjang, terutama dalam aktivitas membaca.

    Olahraga dalam konteks ini bisa dalam bentuk apapun. Jika anda menyukai olahraga renang, maka anda dapat meluangkan waktu untuk berenang rutin. Jika anda sedang belajar atau mengerjakan sesuatu dan merasa jenuh, sangat disarankan untuk coba jalan kaki selama 10 menit.

  2. Identifikasi Jam Biologis dan Buat Rencana

    rawpixel-191102-unsplash

    Produktivitas seseorang sangat dipengaruhi oleh energi dan konsentrasi individu. Dengan kata lain, konsentrasi seseorang juga akan berada pada posisi terbaiknya ketika kondisi tubuhnya sedang mencapai puncak.

    Inilah yang disebut dengan jam biologis. Setiap manusia memiliki jam biologisnya masing-masing, yaitu sebuah jendela waktu ketika tubuhnya beroperasi pada performa maksimal.

    Beberapa orang jam biologisnya ada pada pagi hari. Namun, tidak sedikit pula mereka yang beroperasi secara maksimal pada malam hari. Jika sudah mengetahui jam biologis anda, maka sisihkan jendela waktu ini untuk mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan tenaga atau konsentrasi paling banyak.

    Tanpa rencana, seseorang akan sangat mudah terdistraksi karena ia tidak memiliki guidance atau batasan atau target yang harus dicapai. Tidak adanya batasan ini menyebabkan seseorang terlena dan cenderung teralihkan perhatiannya dengan mudah.

  3. Mendengarkan musik klasik

    manuel-nageli-575848-unsplash

    Penelitian yang dilakukan oleh Stanford University menunjukkan bahwa mendengarkan musik simfoni dari abad ke 18 merangsang area otak yang berhubungan dengan aktivitas konsentrasi, memprediksi suatu kejadian, dan memperbarui ingatan otak.

    Penelitian menunjukkan bahwa adanya jeda antara irama pada musik klasik merangsang aktivitas otak untuk bekerja pada performa terbaiknya. Hal serupa sejatinya juga berlaku pada musik tanpa lirik.

    Anda bisa mendengarkan Beethoven, Frèdèric Chopin, Tchaikovsky, atau pun Mozart. Bingung mencari lagu yang tepat? Silahkan klik di sini untuk mendengarkan lagu klasik melalui Spotify.

    Anda tidak suka musik klasik? Go ahead, dengarkan playlist musik favoritmu. Yang paling penting adalah musik merupakan senjata ampuh untuk mengalihkan kita dari distraksi suara di sekitar kita.

  4. Hilangkan distraksi

    alex-knight-192782-unsplash

    Salah satu penyebab paling lumrah seseorang sulit fokus dengan yang sedang dilakukan adalah karena adanya distraksi eksternal. Distraksi tidak melulu ada pada suara yang berisik, namun juga setting sebuah tempat.

    Anda bisa mengurangi distraksi ini dengan beberapa cara, salah satunya adalah pergi ke kafe. Kebanyakan kafe modern saat ini memang dirancang dengan interior dan suasana yang mendukung produktivitas.

    Meja dan kursi yang ada di kafe diciptakan senyaman mungkin sehingga seseorang betah hingga berjam-jam. Selain itu, kafe yang baik minim distraksi suara sehingga anda dapat fokus mengerjakan apa yang ada di depan anda. Kalaupun ada musik, sudah pasti musik yang disetel adalah musik yang sesuai dengan suasana.

    Distraksi lainnya yang sering dijumpai adalah distraksi visual dalam bentuk notifikasi. Anda dapat mulai menghilangkan distraksi ini dengan mematikan handphone atau pun menonaktifkan push notification di gadget anda.

    Riset membuktikan bahwa push notification di gadget zaman sekarang memang dirancang untuk menimbulkan urgensi dan rasa penasaran, sehingga kita akan langsung tergoda membukanya.

  5. One small step at a time

    haley-phelps-434013-unsplash

    Saat tahun baru banyak sekali orang orang yang punya resolusi ingin diet, menjadi lebih fit, membaca banyak buku, dan mimpi siang bolong lainnya. Memang benar kalau punya target masif itu penting agar anda tahu tujuan akhir anda. Tapi anda harus menaklukkan target-target kecil dulu sebelum menyelesaikan target besar.

    Riset menunjukkan bahwa target besar dan muluk-muluk inilah yang menyebabkan seseorang mudah fokus. Target yang besar membuat kita mencoba melakukan semuanya sekaligus dalam satu waktu, dan akhirnya hanya bergantung pada motivasi atau will power untuk melakukannya.

    Jalan ceritanya kira-kira seperti ini untuk kebanyakan orang:

    Pasang target besar >> Mulai melakukan aktivitas untuk mencapai target tersebut >> Awal-awal masih konsisten >> Lama-lama tidak kunjung selesai >> Akhirnya malas

    Dalam hal pekerjaan ini juga bisa berlaku. Sebagai contoh, jika ingin menulis sebuah artikel di blog, mulai dulu dari mencari topik artikel. Kemudian dilanjut mengumpulkan berbagai referensi bacaan. Setelah itu mulai menulis draf. Dan seterusnya dan seterusnya.

    Langkah kecil tapi pasti (dan konsisten) ini lebih mujarab daripada will power yang besar di awal tapi cepat memble di tengah-tengah. Fokuskan diri pada membuat 1% saja progress setiap waktunya.

  6. Take a break

    drew-coffman-125736-unsplash

    Tidak ada manusia yang bisa berkonsentrasi secara non-stop. Sesekali seseorang perlu break sejenak agar bisa mengalokasikan tenaga nya dengan lebih baik dan proporsional. Istirahat secara berkala malah dapat meningkatkan konsentrasi kita dan memberi waktu otak untuk beristirahat.

    Salah satu metode break yang paling terkenal adalah Podomoro Technique dimana anda akan bekerja selama 25 menit kemudian diselingi istirahat selama 5 menit. 5 menit ini bisa anda gunakan untuk rehat sejenak, melihat notifikasi di gadget, atau pun jalan ke luar ruangan.

    Menyadari kapan harus berhenti adalah menyadari bahwa otak dan tubuh anda memiliki keterbatasan fisik. Kerja keras boleh, tetapi kerja cerdas lebih bermanfaat untuk menentukan fokus anda.

  7. Banyak Minum

    alisa-anton-393305-unsplash

    Riset tahun 2012 oleh The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan menurunnya fokus atau perhatian. The Institute of Medicine menyebutkan bahwa manusia memerlukan banyak minum, terutama minum air putih. Wanita direkomendasikan untuk minum 9 gelas, sedangkan pria disarankan minum 13 gelas.

    Selain air putih, teh hitam juga berdampak cukup baik untuk meningkatkan fokus anda. Hal ini dikarenakan di dalam teh hitam terdapat asam amino yang disebut L-theanine, yaitu kandungan yang mampu meningkatkan bagian otak yang bertugas untuk meningkatkan konsentrasi.

    Studi yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa orang yang minum dapat memperhatikan dan melaksanakan suatu tugas dengan lebih baik daripada mereka yang diberikan placebo.

    Metode terakhir ini pun juga layak diingat dan diterapkan karena scientific research telah dilakukan untuk menguji keabsahan teori tersebut.

Demikianlah 7 cara ampuh yang layak diterapkan untuk meningkatkan fokus anda ketika bekerja :

1. Meditasi dan berolahraga
2. Identifikasi jam biologis dan buat rencana
3. Mendengarkan musik klasik
4. Hilangkan distraksi
5. One small step at a time
6. Take a break
7. Banyak Minum

Mulai hari ini, secara perlahan anda coba terapkan langkah-langkah tersebut. Mulai dahulu dari yang paling mudah dan kemudian, secara gradual, anda tingkatkan effort anda agar menjadi pribadi yang lebih fokus dan produktif.

Selamat berlibur!

Published by

evanfabio

An occasional blogger. Student at Industrial Engineering Universitas Gadjah Mada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s