Blog

Coronavirus, Potential Crisis, and What Students / Fresh-Grads Should Do

The way you see the world will always be affected by your profession to a certain extent. Agree? Exempli gratia,¬†doctors will view Coronavirus outbreak in terms of how it will affect the health of living individuals. For diplomats, they will try to analyze the newly-declared pandemic in terms of how it may influence the shiftContinue reading “Coronavirus, Potential Crisis, and What Students / Fresh-Grads Should Do”

What Kobe Means To Me

I’ll never forget where I was, how I was, and what I was doing when I got the news. I was just getting up from my bed. Heavy eyes, still sleepy as always. I looked up to the clock and realized it was 6.14 AM. In my 21 years of living, I had never mourned,Continue reading “What Kobe Means To Me”

Dua Puluh Satu

If I have to rate my 20 years old with a number, it would be 5. Not too good, not too bad. Yet, here I am, February 14th, turning 21 years young and strong. Sejak punya blog ini hampir 3 tahun yang lalu, ini adalah pertama kalinya gua bikin postingan tentang pergantian umur. Kalau dulu,Continue reading “Dua Puluh Satu”

Curhat – Talk of Life

Sudah hampir satu tahun berlalu sejak terakhir kali ada tulisan yang gua bikin bener-bener dari hati, tanpa embel-embel mengedukasi pembaca. Banyak penyebabnya, mulai dari jadwal sehari-hari yang memang cukup padat, bingung mau berbagi cerita apa, sampai memang dasarnya gua¬†lazy snob. Malah, bisa jadi penyebabnya adalah penyakit yang paling fatal: gua kehilangan gairah menulis untuk sejenak.Continue reading “Curhat – Talk of Life”

Obrolan Kecil tentang Kreativitas

Artikel ini dituliskan oleh Alfin Zuhry. Alfin¬†merupakan seorang mahasiswa Teknik Industri di Universitas Gadjah Mada dan co-owner dari Batik Nusa Indah yang tertarik pada desain grafis dan videografi. Bisakah kita memperlajari sebuah hal bernama kreativitas? ‚ÄúSaya orangnya teh emang nggak kreatif dari lahir. Udah keturunan hehe.‚ÄĚ Salah? Tidak sepenuhnya. Sebuah studi dilakukan oleh Plos ONEContinue reading “Obrolan Kecil tentang Kreativitas”

7 Cara Jitu Meningkatkan Fokus Ketika Bekerja

Riset menunjukkan bahwa rata-rata waktu manusia bisa berkonsentrasi hanya sekitar 8 detik, lebih pendek dari spesies ikan emas yang ada di waktu 9 detik. Secara langsung maupun tidak langsung, ini ada kaitannya dengan perubahan gaya hidup dan efek digitalisasi dalam kehidupan. Inilah salah satu penyebab mengapa banyak orang sedikit membaca buku atau belajar. Penyebab¬†short attentionContinue reading “7 Cara Jitu Meningkatkan Fokus Ketika Bekerja”

3 Kunci Menjadi Lebih Pintar Setiap Hari

William Shakespeare. Stephen Hawking. Steve Jobs. Warren Buffet. Mereka semua adalah seorang jenius di bidangnya masing-masing. Mungkin banyak dari kita yang dengan enteng menyebut mereka-mereka ini datang dari keluarga yang berada dan beruntung, atau bisa juga kita sebut¬†privilege.¬†Tapi generalisasi tersebut konyol karena sama dengan kita meremehkan usaha dan jatuh-bangun yang mereka alami selama bertahun-tahun. Pintar,Continue reading “3 Kunci Menjadi Lebih Pintar Setiap Hari”

Blue Ocean Shift: Strategi Memenangkan Perang dengan Menjauh dari Medan Perang

Blue Ocean Shift adalah salah satu buku tentang strategi bisnis paling¬†impactful¬†dalam sejarah yang ditulis oleh duo professor top di sekolah bisnis dan manajemen INSEAD, W. Chan Kim dan¬†Ren√©e Mauborgne. Sejatinya buku ini merupakan edisi lanjutan dari buku Blue Ocean Strategy yang diterbitkan pada tahun 2005 oleh penulis yang sama.¬†Menurut ¬†link¬†dari¬†website¬†resmi kedua buku ini, Blue OceanContinue reading “Blue Ocean Shift: Strategi Memenangkan Perang dengan Menjauh dari Medan Perang”

Tentang Behavioral Economics dan Cara Memanfaatkannya untuk Jadi Lebih Produktif

Pada tahun 2017, penghargaan Nobel dalam bidang ekonomi dihadiahkan kepada Richard H. Thaler, seorang behavioral economist. Beliau adalah seorang professor di University of Chicago Booth School of Business. Dalam catatan media, Professor Thaler mendapat Nobel atas kerja keras hidupnya yang mampu membuktikan bahwa prilaku manusia itu acap kali irrational dan unpredictable.

Menggunakan Instagram untuk Perkembangan Diri

Menurut sebuah riset yang dilakukan TIME ini, Instagram dinobatkan sebagai media sosial yang punya dampak paling buruk bagi kesehatan jiwa. Menurut survey pada 1500 ¬†remaja dan¬†young adult,¬†Instagram seringkali diasosiasikan dengan level kecemasan yang tinggi, depresi,¬†bullying,¬†dan FOMO atau “fear of missing out“. Ini riset yang unik,¬†thought-provoking,¬†dan mungkin kontroversial karena penyebabnya macam-macam. Banyak orang yang stress karenaContinue reading “Menggunakan Instagram untuk Perkembangan Diri”

Loading…

Something went wrong. Please refresh the page and/or try again.

Follow me on social media ūüĎá